It's A Pook Soup (Sabun Colek)

Ini pengalaman lucu waktu gue liburan ke Lombok ketemu sama bule
Berhubung lagi libur kerjaan alias cuti jadi aku memutuskan untuk liburan (busyeeetttt kaya juga looohh!!! ha ha ha ha ha (kipas2 kaya Nyonyah-Nyonyah) ga juga sih, modal nekat), berangkatlah aku (berangkat kemana chiiinn??? ya berangkat sesuai tiketnya lah!!), setibanya di Bandara Internasional Cengkareng SoeTa, seperti biasa aku menunggu jam keberangkatan. Deng deng deeeeng ternyata hal yg paling gue benci kalau mau naik pesawat terjadi lagi, emang kenapa guss?? Pramugarinya berak2?? ga, hmmm Pilotnya lupa bawa SIM??? ga, lah truss kenapa? DELAAAAAAAAAAAAYYYY!!!!! benci banget gue kalau kaya gini, (suara jarum jam) tek tek tek tek tek tek, setahun kemudian, tek tek tek tek satu abad kemudian (walah cepet banget) muka manyun udah imut2 banget kaya mulut Babi, gue wara wiri kesindang kesandang(lah ko kambuh lg bahsanya??!!) akhirnya gue dapet juga tmpat duduk buat nunggu, trnayata disebelah gue Bule, gue lihat dari ujung koreng dijempolnya sampai sumbuk dirambutnya, dalam hati (hmmmmmm ni Bule bikin gue minder aja siiih, kenapa looo mesti cakep sih!!! SNI lah, laaah cakepnya udah dapet sertifikat ISO lah!!) Bule tu nmanya Stallin dr Swiss jd gw duduk n ngbrol sm dia, stelah brhasil trabng n mendrat di Bandara Praya Lombok, trnayat nih bule ngikut gw mulu (kaya BABU aja sihhh) , ya udh akhirnya dia gw ajak bwt nyari tmpat pnginapn (lupakan kjadian kecopetan). Hari ke 2 dilombok, gw brinisiatif bwt ngjak ni bule di Warung Padin, tmpat mkan yg buka 24 jam n trkenal di Mataram.
“What is paa dien?” tnya si bule ke gw. Dia bule yg ramah n suka nanya bhs indonesia, tp bkin gue repot uring2an njelasinya
“Padin is a kind of small restaurant,” kta gw brusaha mnerangkn ‘sebener’ mungkin. “U can eat some kind of fishes or chicken. U may choose it to be grilled or fry.”
Stelah kita smpai di tmpat tjuan, Stallin masang muka ‘iuuuwh, serius lo kita makn disini?’. Gw mah cuek aja. Rata2 bule emang gak doyan makn di pinggir jln. That’s why gue pake kta ‘small restaurant’ supaya pling ngga dia mau ikutn. Lumayn kan, da yg bantu bayarin taksi. Trnyata bner!!, Stallin gak mau pesen makann.
“I better order some junk foods then,” kta dia stelah gw tanya knapa dia gak pesen mkanan. Stelah pesenan gue dateng, gue maksa Stallin buat icip dikit mkanan gue.
“U have to try or I won’t made any coffeetubruk for u tomorrow!” ancem gue. Scara dia doyan bnget sm kopi buatn gw. Pdahl sih gw bikinnya standar, Cma mungkin krn gue ngaduknya pake ajian jaran goyang plus gw kasi pelet, dia jd ktagihn sm kopi yg gw kasi nma kopitubruk. Maklum, biar kdang ngerepotin, nih bule cakepnya kebangetan! bkin gw minder aj.
“Damn! U’re so cruel. I have no choice, just a little bit, okay?” jwb si Stallin kegeeran. ‘Iya lah, dikit aj. Ngapain jg gw ngasi elo byk2?’ batin gw.
Stallin menyobek sdikit ikan gurame goreng gw n mencolekkn ke sambal super pedes gw. Ia pasang ekspresi ‘anjir! Pedes bnget, juanc*k!’, tp gak lama dia mlah bilang, “It’s really delicious! I wanna order same menu like yours!” ktnya brsemangt. Gw n tmen2 pnginapan gw ktawa ngeliat dia yang mkannya heboh bgt. Mulutnya sibuk ‘huh-hah-huh-hah’ kpedesan, smentara tangannya sibuk mkan sambil ngelap keringet yang banjir smpai ke kaus Polo-nya.
Stelah si Stallin mnghabiskan 2 porsi guramenya, dia mlai ngrasa tangnnya pnas. “I don’t know why, but my hands getting hot. Is it because of the chili?” ktnya lg.
“Yap, actually it always happens when we use our hands to eat spicy foods. U need to wash your hands,” jwb gw. Dia sgera branjak ke wastafel. Stelah brdiri gak lma di dpan wastafel, dia manggil Mas-Mas warung yg wara-wiri di blakangnya, tp kyanya gak satupun dr mreka ngerti pa yang ’bule’ gw mksud. Stallin buru-buru nyamperin gw lg.
“I don’t find any soap to wash my hands there. Then I ask to that Mas-Mas, but I think no one understood what I mean. Could u help me?” gw lngsung brdiri n mnghampiri slah satu Mas-Mas playan dsana.
“Mas, gak da sabun buat cuci tngan?” kata gw.
“Ada, noh Mas. Pake sabun colek. Sabun cairnya abis,” dia mnjawb n lngsung brlalu krn sibuk dg customer-nya. Gilirn gw yg garuk-garuk kpala, pusing gmana hrus jelasin.
“Stallin, come here!” gw manggil si Stallin ke dpan wastafel. “This is the soap, u can use this to wash your hands,” Stallin mengernyitkan dahinya.
“Pardon? I never saw a kind of soap like that before! U want to cheating me, aren’t u? U’re so jahil, Agus!” ejeknya. Dia memutar bola mata seolah bilang ‘lo gak bisa nipu gw lg, wekk!’. Gw jadi gemes sndiri, gimana coba gw hrus jelasin ‘sabun colek’ ke bule yg di ngaranya emang gak prnah ngenal sabun model beginian?
“No, I’m serious! This kind is in Indonesia only. It’s hard to explain you, but people here call it by ‘sabun colek’. Now, don’t ask me anymore, just use it and wash your hands!” printah gw gemes.
“No! Just tell me first, what is that, in English!” jwbnya ngotot. Gw mlai muter2 otak.
“Ah, elu ngerepotin aje! Iki lho, Stallin!” gw mencolekkan sabun biru itu ke tlapak tngan gw, menggosok kduanya n kmudian membilas tngan gw dg air. Gw brharap pragaan gw itu bisa mmbuatnya mngerti tnpa gw hrus cape2 jelasin istilah ‘sabun colek’ ke Stallin.
“It doesn’t tell anything. Tell me in English,” pintanya lg. Gw nemplok jidat, smentara tmen penginapn gw dg kjam ngetawain gw tnpa da niatan bwt bantu gw sedikitpun.
Lg asik2nya mikir, gw tiba2 dpt ide, “Aha! Do you use facebook?” tnya gw.
“Ya, I’ve one. Is there any relation?”
“Nahh, you should know, in facebook there is option ‘poke’. Remember? Poke? Coleekk, di facebook Indonesia jdulnya colek!” kt gw campur-sari.
“Ah, yaa… Poke. Then what?” gw mrasa dpt titik trang krn dia tau istilah ‘poke’ yg biasa da di facebook.
“Poke is colek, soap is sabun! Sooo, this one is a poke soap, sabun colek! Understand?”
“Poke soap? So it’s a poke soap?” ulangnya lg kya balita baru blajar ngomong. Gue manggut2 smangat krn brhasil jelasin istilah ‘sabun colek’ ke Stallin. Lagu ‘We are the champions’ brkumandang sbg soundtrack n gw angkat2 ketek tnda kmenangan. Gw emang pantes dpet gelar Guru Besar kalo kaya gini ceritanya.
Gw menoleh ke arah tmen pnginapan gue n tersenyum bangga. Gw liat mreka guling2 di lantai smbil ngakak n megangin perut.

Posting Komentar